Pesona sang legenda “Honda Tiger Revolution” jilid 2…

meneruskan tulisan saya yang sebelumnya. Mengapa pilihan saya jatuh ke “Honda New Tiger Revolution Cruiser” with Asymmetric design ?

alasannya antara lain :  1. Dari segi tampilan  

dari semua tipe motor sport touring yang ada, mulai dari Honda New Megapro, Yamaha New Scorpio-Z, Yamaha Vixion, Byson, Bajaj Pulsar mulai dari 180-200…..Honda New Tigerlah yang menurut kasat mata saya paling gagah dan berkharisma…designnya paling apik dan proposional. Panjang, lebar dan design Jok tempat duduk juga dirasa paling pas untuk riding sendiri maupun dengan keluarga kecil seperti saya. Riding positionnya juga paling nyaman terutama untuk jalan jauh.

fitur tampilan secara keseluruhan menurut saya sudah lengkap dan sudah tidak perlu untuk dimodif lagi, seperti Rem cakram depan belakang, velg racing enkei palang tiga, lampu depan yang unik dan tampil beda, lampu belakang LED, shroud tanki, double shock breaker dengan peredam oli…semua dirasa sudah cukup tampil elegan. mungkin jika kompon ban kelak sudah menipis ada keinginan untuk mengganti dengan profil ban yang lebih besar…pasti akan membuat tampilan makin sempurna dan garang…hmmm.

2. Dari segi mesin

Walaupun banyak mendapat cibiran dan kritikan pedas mengenai mesin honda tiger yang dianggap sudah tua dan kuno…. menurut hemat saya itu semua relatif dan saya sangat menghargai adanya pro dan kontra mengenai mesin honda tiger ini. Tapi kalau menurut pendapat saya pribadi mesin honda Tiger ini sudah lebih dari cukup untuk mengakomodir kebutuhan saya.

walau kesan pertama cukup kaget juga mendengar suara raungan mesin yang terdengar agak kasar, namun ternyata setelah dibawa jalan dalam kecepatan bervariasi rendah maupun kecepatan tinggi, terbukti kemampuan dan kenyamanan mesinnya cukup mumpuni dan bisa diandalkan.

saya sangat suka sekali dengan 6 percepatannya, mengingatkan saya akan kuda besi lama saya Yamaha Rxz. Sangat nyaman untuk perjalanan dengan trek panjang yang lurus-lurus maupun berkelok-kelok seperti kawasan puncak.

Jadi menurut hemat saya, tidak perlu mencari motor yang lebih canggih dan high tech jika dirasa semua yang ada di honda Tiger ini sudah cukup memuaskan hasrat saya atau dalam kata lain, membeli sesuai dengan kebutuhan. dan ini bukan berarti saya kuno dan tidak suka mesin dengan teknologi yang lebih baru. semua hal pasti ada konsekwensinya, seperti ketersedian spare part, ketersediaan peralatan servis dan kemampuan dari para mekanik baik bengkel resmi maupun bengkel pinggir jalan. Apakah semua sudah siap atau belum.

Singkatnya masing-masing memiliki sisi positif dan negatif, dan sekali lagi untuk sementara waktu ini saya sudah cukup puas dengan si Macan ini🙂.

Akhir kata….”Tiada gading yang tak retak”…manusia saja tidak ada yang sempurna apalagi ciptaan dari manusia itu sendiri.

Honda Tiger terlepas dari segala kritikan dan cibiran pedas terhadapnya…bagi saya sudah cukup memuaskan saya akan sebuah tunggangan yang macho, gagah dan berwibawa, kemampuan mesin yang cukup tangguh sekaligus irit bahan bakar.

“Boleh saja kita berbeda-beda pendapat, namun harus tetap saling menghargai satu sama lain”.

Bagaimana menurut Bro and Sis ?….

viekyhartanto-personalBlog

56 thoughts on “Pesona sang legenda “Honda Tiger Revolution” jilid 2…

  1. mungkin kapan2 saya juga harus menulis blog seperti anda ya…..gerah juga kadang2 liat BY ama BH gontok2an kagak jelas gitu.
    semua yang anda tulis di atas benar, kalo tiger itu “reliable, standard, terawat” maka tiger itu lebih dari cukup, gak usahlah pake DOHC, fuel Injection, PGM-FI, radiator, bla2……..tiger itu standard lebih enak, ga usah juga ganti2 setang ketek lebar, suer ga enak…..kalo pelek 17 ato 18 okelah, ada untung rugi. saran saya buat anda, perhatian lebih pada aki ma kopling, adik saya tiger tahun 08 hampir kemakan rumahnya, teman saya lebih baru sebulan dari adik saya udah ganti fullset (aki jg dah ganti, dan akhirnya dijual melalui saya), kualitas karet penutup tuas kopling dan kabel koplingnya agak kurang, disarankan pake pertamax cos punya teman saya yang dijual itu gak mengalami tangki bocor seperti halnya punya adik saya (bolong sebesar rokok)..

    salam

    • 🙂 iya Bro sama, karena hal itu juga knp saya buat tulisan ini.
      wah masukan yang sangat berguna tuh Bro…kalau pakai Pertamax bukannya malah panas dan bikin tangki cepet bocor ya Bro?..atau kebalik ya?… hmmm
      anyway thanks a lot untuk komentar dan masukannya ya Bro…InsyaAllah akan saya perhatikan saran Mas Bro.
      Salam.

  2. ada satu yg kurang dari tiger selain bobot motor berat juga gak pake radiator, jadinya mesinnya kyak kompor jalan awas jangan nyenggol kakinya ntar melepuh wuih..wuih…😛, harusnya bwt next tiger pke radiator lah minimal klw mo lebih bersaing trus mesin jadi lebih adem (megang blok mesin vix aja berani klw beradiator meski baru jalan 50 km coba bandingin sama yg berpendingin udara baru jalan 10 km aja sudah kayak solder panasnya)…

    • he3..ya mungkin itu salah satu kekurangan air cooling bro, tp panas mesin tiger ga seberapa dibanding Scorpio lho Bro🙂 bisa sampai ke tanki panasnya. kalau panas mesin tiger selama kita pakai sepatu selama jalan jauh ga terlalu berasa sih. Lagi pula Bro….jgn suka iseng gitu deh, masak mesin motor baru jalan dipegang2…udah tau pasti panas…..he3….
      Vixion itu memang motor yang O.k kok Bro…selamat ya.
      Salam

      • oh iya satu lagi bro Arif, Tiger ga lebih berat dari Scorpio lho… malah lebih berat Scorpio. Tapi baik Tiger maupun Scorpio…2-2nya saya suka…kecuali body Scorpio yg skrg🙂

      • pulsar lebih berat lagi mas, berat kosong aja 155kg, apalagi isi full bensin tambah 18 liter..
        lebih panas juga, apalagi yang pulsar 220, kalau macet siap2 aja keringetan…panasnya amep tangki, karena emang belum memiliki radiator, masih sebatas oil cooler…
        Saya pengguna pulsar 180 UG-IV, dan saya puas..
        kalau mau dibandingin, bandingin secara langsung dong, coba dulu, jangan cuma denger2, atau baca di internet atua segala macamnya lah…
        dan ketika ada satu kelebihan motor anda dengan motor lain, jangan langsung mencibir motor lain tersebut….
        BUKTIKAN dulu secara langsung, jangan OMDO

        piss😀

      • @ To Mas Bro Mora H Ritonga…..
        he3…setuju sama Mas Bro…. seperti tulisan2 saya di awal. semua merk motor punya kelebihan dan kekurangannya masing2, karena ga akan ada yang sempurna. Dan itu ga penting….karena yg paling penting, kita harus saling menghargai satu sama lain, ga perlu saling mencaci atau menghina kuda besi org lain.
        Karena semua itu pilihan, dan semua org berhak untuk memilih sesuai dgn keinginan dan kebutuhannya masing2.
        khan asyik tuh mau ketemu siapa aja dan apapun motornya…kita saling tegur sapa dan senyum ceria satu sama lain…kalau perlu saling bantu…itu baru hebat. setuju khan Mas Bro….

      • Bukan rahasia publik Satu Kelebihan Honda yang tidak dimiliki Motor lain
        “Semakin Panas Mesin, Semakin Stabil” dan saya rasakanpun emang bener..

        Beda dengan yg laen.. Semakin Panas Mesin Malah Makin Moyodott.. Makanya Mereka Pake Pendingin..
        ha..ah..a.a Piss 😀

  3. motor pulsar itu lebih berat secara bobot motor, bayangin aja 155kg berat kosong, tambah tangki klo isi full 18 liter,
    dan lebih panas, apalagi yang udah pulsar 220, kalau macet, siap2 aja keringat…karena memang masih oil cooler, belum ada radiator..
    tapi saya penunggang pulsar 180 UG-IV,
    dan saya puas, hehe…
    kalau mau bandingin, monggo secara langsung, jangan katanya katanya, jangan baca2 doang, hehe…
    salam kenal lagi😀

    note: kalau motor anda punya satu kelebihan dari motor lain, jangan langsung mencibir motor lain tersebut, COBA DULU!!!!!!!!!!

    http://morahertanto.wordpress.com

  4. salam kenal brow … saya juga pakai tiger, sebelumnya sudah pakai thunder,satria, vixion dan baru 2 bulan ini tiger…dan menurut pendapat saya tiger yang paling cocok buat saya … selera orang memang beda2 tapi yang penting saling menghargai aja …

    • salam kenal jg Mas Bro Henzoo, wah pernah pakai satria dan vixion ya Bro? satria FU atau yg 2 tak ya Bro? trs knp beralih ke Tiger dari Vixion? boleh tau ga Bro apa kira2 alasannya?….ditunggu balasannya.🙂

    • dugh maaf bgt Bro Aris, sy agak lama vakum ngeblog kemarin dan baru lihat pertanyaan ente Bro. hmm sampe sekarang masih keluar ngga tuh Bro asap putihnya? kalau sampe skrg msh, sdh pasti ada masalah tuh Bro. ada kemungkinan oli masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin, tp ini baru analisa awam sy lho ya. mudah2an masalah itu sdh ga ada di Tiger ente Bro. Aamiin. maaf ya Bro, better late than never right? salam

      • begini bro…..sampe skrng masih keluar asap putih klw dipanasin di pagi hari dan memang tiger jarang pakai dan jarang di panasin paling 3 hari sekali dipanasin……tiger jarang keluar kandang sejak pembelian july 2011 sampe skrng km bru 4.000 yg jdi pertanyaan klw dpanasin 3 hari sekali keluar asap bro,,,,apakah itu normal…..mhn pencerahan…thanks

      • untuk pertanyaan Bro Aris Sugita, hmm analisa awam sy kalau asap putihnya tdk byk dan hanya bbrp saat, kemungkinan besar itu berasal dari air embun yg mengendap di dlm knalpot tiger ente Bro. kalau Bro suka mengamati mobil2 jg spt itu dikala pagi hari atau baru hbs dicuci/steam.

        tp kalau asap putihnya byk dan berlangsung lama, sdh pasti ada oli yg masuk ke ruang pembakaran ( ikut terbakar bersama bensin ) dan sdh sebaiknya utk di cek di bengkel terdekat.

        Demikian Bro, semoga cukup membantu. salam

  5. numpang cerita bro….dl waktu msh sekolah motor yg paling aq impikan adl tiger dan akhirnya terwujud & ternyata pilihan q ga salah ter bukti tiger emg mantap n pas disegala kondisi..emg setiap motor pny kekurangan n kelebihan masing”…salam SATU HATI

    • @ Bro Sayf El-Haq, kalau Bro tanya ke mekanik yg ahli mesin pasti jawabannya bisa Bro, tp prosesnya sdh pasti bakal ribet dan mkn biaya banyak, dan belum tentu berhasil jg.

      Jadi saran saya biarkan saja mesin standardnya apa adanya, insyaAllah akan lebih nyaman dan aman, karena sudah melalui perhitungan matang dan uji coba yg cukup lama dari pabrikannya.

      nah, kalau Bro mau motor yg pakai radiator, Bro tinggal beli lagi motor lain yg mmg sdh pakai radiator sebagai bawaannya spt vixion, ninja or cbr. selain lbh aman dan nyaman, Bro jd punya 2 motor khan buat ganti2…he3🙂 salam

  6. saya juga pengguna tiger 2011 bro…saya paling pas dengan tunggangan itu…sebelunya saya pakai cbr 150, dan vixion…kalo cbr terlalu capai kalo jauh…kalo vixion setelah gigi ke 4 dan 5 gertakanya kurang….tp kalo tiger enak buat kenceng ato nyantai walau rantai berisik….tp semua motor ada kelebihan dan kekurangan yg penting kita saling menghargai bro…salam….

  7. Sebelumnya saya menggunakan motor produk HONDA.Dari bebek 700,GL 100,sampai GL PRO Neo Tech.Dan sekarang motor yg saya idam idamkan tercapai “New HONDA TIGER REVO” 2010.Kalau mslh bobot motor sy rasakan tdk berat (sdh biasa bawa moge kali ya).Utk mesin tdk panas walaupun perjalanan jauh (Jakarta-Bogor PP).Yg pasti kesukaan saya Honda yg banyak kelebihannya.

  8. salam kenal bro numpang nimbrung…sya sudah 3kali ganti tiger dri parian 98,2004 ampe tigi 2009 skrng semua tidak ada masalah aman2 saja mesin semua oke d bwa jarak jauh super bandel,mesin berisik itu ciri has tiger bukan berarti mesin jelek dan kuno.
    jdi mesin tidak perlu d tmbah teknologi lain rasanya,nanti legendaris tiger nya hilang dong.klo mau lebih kencang lgi ganti aja gear nya sma ukuran lebih kecil d jamin jiuss sy sdah coba bro.pd intinya semua motor punya kelebihan dan kekurangan baik mesin,bodi,atau kaki2 itu bukan acuan untuk saling menyudutkan.dan menurut saaya pilihan moge itu tergantung hobi masing bro…kita sesama bikers harus saling menghargai..

    • Mesin sama Sama Generasi GL. kecuali new megapro 150 cc. lebih irit megapro. saya sudah pakai keduanya. torsi jauh lebih besar tiger. buat boncengan, torsi tiger mantab. untuk mesin kasar. saya akali pakai oli motul 5100 15w – 50. ganti setiap 1500km untuk rantai yg berisik, saya akali pakai chain lube racing merek MTR. 7 hari sekali. 1 bulan sekali, rantai saya cuci pakai sabun cuci piring sunlight. biar headlamp nyala terang. semua lampu kecil saya ganti LED. kabel kopling 1 bulan sekali saya lepas. di kasih pelumas rantai. rantai. sudah setaun tiger giat bekerja keras tidak pernah
      minta main ke bengkel. sehari jalan 50 km.

  9. salam kenal mas bro,,,,ku jg termasuk penunggang honda tiger,,,mnurut sy,,,tiger tuh sangat pas dgn saya,,,bodi yg lmayan sangar untuk di jalanan,,ga perlu modif lg,,,apa lagi d modif,,tambah sangar,,,,cuman rantai n mesinya,,,ribut bngae ky kemasukan batu krikil d dalamnya,,,tapi sy sangat puas dngan spit klajuanya,,,ga mw kalah dgn motor sport,,,,,

  10. I have been exploring for a little for any high-quality
    articles or weblog posts on this sort of space . Exploring in Yahoo I ultimately stumbled upon this site.
    Reading this information So i am satisfied to exhibit that I’ve a very just right uncanny feeling I discovered exactly what I needed. I so much certainly will make sure to don?t fail to remember this site and give it a look on a relentless basis.

  11. Salam kenal dan kompak bro Vieky.

    Sy numpang share nih di blog anda.

    Sy newbie Tirev 2013 saat ini.
    Kenapa pilih Tiger?
    Semua sudah dijawab positif oleh bro Vieky dan rekan2 lainnya.
    Saya tambahin deh…
    Cocok dengan kultur / karakter jalan yg saya tempuh di Bintaro dan sekitarnya, kopling empuk, ngerasa narsis dgn postur sy yg kayak beruang madu (178cm-91kg),

  12. Salam kenal bro. Saya sangat senang membaca tulisan anda yang mencintai barang sendiri tanpa harus menyinggung barang orang lain, mantap! Berbagi ilmu seputar tigi. Jika ingin mesin suara ‘agak’ halus, pakai saja oli standar Federal 20-50W, ganti tiap 1000km, mencegah tersumbatnya hole pompa oli si tigi yg sangat mungil. Terus setelan klep standarkan 10-10, ntar suara mesin jd lebih kompak. Jangan lupa stel katup udara karbu, dan setelah di stel dikasi lem besi krn karbunya pakai turbo fuel injector, keseringan bergeser setelan awalnya. Terus rantai, rawat dg membersihkan pakai solar sebelum dicuci, dan setelah kering diberikan pelumas mtr, bikin rantai awet. Dalam satu tahun, hanya dua kali saya menyetel rantai, hemat bukan? Kemudian soal minuman si tigi, dikasi bensin juga nggak apa apa kok, asal sering gabti busi tiap 1000km. Kalau panas itu tergantung, posisi footstep utk rider tiger dibuat jauh dr blok mesin, sangat aman utk pengendaranya.

  13. terima kasih banyak bro atas semua infonya, saya bisa dibilang pengguna baru tigi 2011 . mohon kasih saran dong sebagai pemula. perawatan apa aja yang perlu dilakuin…mulai dari pemilihan bahan bakar agar tangki tidak sampai karatan/bocor seperti yang sudah disampaikan diatas, pemilihan oli mesin, hingga masalah perawatan berkala di bagian-bagian mana aja yang perlu?
    terima kasih banyak. salam brotherhood..
    maaf jika terlalu banyak pertanyaan.🙂

  14. Saya punya tiger 2009 akhir asymmetryc headlamp, beli dari baru. 4 th Ga saya pakai, km baru 4000. Sampai sekarang masih tetsimpan dengan baik, kondisi seperti keluar dari dealer. Bangga rasanya memiliki motor ini

    • Slm satu aspal,, bro saya penguna tigi 2007 sy mau nanya klo suara agak ndesing di knalpot tigi itu pnyebab daleman ada yg kropos atau apa y bro,. Py tmn sy jg sm smpe2 dia bedah tuh knalpot ttp gak ktmu bro suara ttp ndesing jd gak nyaman make, akhrnya tmn sy beli yg baru. Mohon pencerahanya bro mksh

  15. Keren brow.. kapan-kapan touring bareng brow… saya juga penunggang Tiger,,, hehehehe…. Tiger memang ga ada duanya brow… tetap no 1 di mata saya… dan saya bangga memiliki Tiger… Salam kenal Brow T.A.C

  16. coretan ini ternyata udah lama juga ya..gw juga “penunggang macan” bro..malah dulu sempet dapet tigy yang special edition nya sprite warna ijo (yang dapet si om gw..tp akhirnya di kasih ke gw) sampe akhirnya bisa beli tigy sendiri. selama nunggangin si macan ga pernah ada kendala berat broo..malah gw demen maen ke dealer cuman buat sekedar konsultasi karena secara waktu itu gw blm ngerti per mesinan. berkat ni macan, istri gw kecantol juga ama gw..wkwkwk..salam macan broo…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s