Plus Minus kehadiran Honda CBR 150

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, akhirnya Tanggal 30 Jun’2011 kemarin pihak AHM merilis Honda CBR 150 yang selama ini memang sudah ditunggu-tunggu para pecinta roda dua di tanah air.

Sebelum dan sesudah peluncurannya, Honda CBR 150 ini sudah menjadi Topik Terpanas di dunia maya dan mendapat tanggapan serta reaksi yang sangat banyak cukup beragam, yang menandakan hausnya para bikers tanah air akan kehadiran motor yang tampil beda secara tampilan dan kecanggihan mesinnya namun juga dengan harga yang bisa terjangkau masyarakat luas.

Kali ini saya bukan ingin membahas secara khusus mengenai spec dari Honda CBR 150 ini, karena data spec tersebut sangat mudah kita dapatkan informasinya di internet. Namun yang hendak saya bahas adalah “apa saja sih keuntungan dan kekurangan dari kehadiran Honda CBR 150 ini?” dan tentu saja dari kacamata kita sebagai konsumen, bukan dari kacamata pabrikan atau produsennya.

Yang pertama akan coba saya bahas adalah keutungan. sebenarnya apa aja sih keuntungan yang kita dapat dari motor baru seharga 33juta rupiah ini?

Well, menurut saya salah satu keutungan yang kita dapat dari segi konsumen adalah makin beragamnya pilihan buat kita dalam menentukan kuda besi mana yang bisa kita beli yang tentunya harus disesuaikan dengan isi kantong kita masing-masing. Berbeda dengan kondisi beberapa tahun ke belakang, kita hanya disodorkan oleh model dan pilihan motor yang itu-itu saja.

Oleh karena itu saya sebagai salah satu konsumen roda dua tanah air berterima kasih ke pihak AHM sebagai produsen Honda yang terus mengeluarkan produk-produk barunya, begitu juga kepada pihak ATPM lain seperti Yamaha, Bajaj dll yang telah memberikan banyak pilihan kepada calon konsumennya.

keuntungan lainnya menurut saya adalah, dengan harganya yang cukup mahal di 33juta rupiah, maka bagi yang beruntung bisa meminangnya adalah kebanggaan dan prestise  yang di dapat karena tidak semua orang yang bisa membeli motor dengan kisaran harga yang bisa dibilang cukup premium tersebut, dalam kata lain akan menciptakan kelas tersendiri bagi pemakainya.

keutungan yang lain adalah harga yang lebih murah dibanding dengan motor yang sama keluaran IU ( Importir Umum ) yang ada dikisaran angka 40-45jt.

Nah, bagaimana dengan kekurangannya? apa minusnya dengan kehadiran Honda CBR 150 keluaran resmi ATPM ini?

kekurangannya yang sudah bisa kita rasakan adalah harganya yang relatif masih mahal🙂 kalau ga bisa dibilang masih kemahalan ….karena dari hasil survey yang dibuat para blogger-blogger senior memang mengatakan bahwa mayoritas pecinta roda dua menganggap bahwa harga 33juta yang diusung masih terlalu mahal jika dibanding dengan espektasi para biker di kisaran harga 27-29jutaan.

kekurangan lainnya yaitu bagi para pemilik Honda CBR 150 versi yang lama

maka tunggangannya akan terlihat ga update ( meski ini juga relatif dan masih bisa diperdebatkan ) apalagi sebelumnya motor ini kena dampak psikologis dari gempuran dari pabrikan Minerva yang mengeluarkan motor dengan tampilan yang menyerupai CBR 150 versi lama ini. Belum juga hilang dampak psikolgisnya sekarang ditambah dengan kehadiran New Honda CBR 150 ini yang secara tampilan sudah berbeda sekali.

dan menurut hemat saya hal semacam itu lumrah saja terjadi pada semua pemilik motor tipe lama yang sudah keluar tipe barunya apapun merk dan jenis motornya. sebagai contoh kekecewaan pemilik honda megapro lama setelah keluar New Honda Megapro.

Hal yang masih sangat wajar mengingat waktu terus berjalan seiring perkembangan dari teknologi itu sendiri, ga berbeda jauh dengan ponsel dan industri elektronik lainnya.

Saya saja sebagai pemilik Honda Tiger keluaran 2010 akhir, pasti akan sedikit sedih dan kecewa jika akhirnya keluar The New Honda Tiger dengan tampilan dan spesifikasi yang berbeda, namun di sisi lain juga ikut senang dengan hadirnya si pendatang baru dengan nama yang sama.

Kesimpulannya dari semua itu adalah hidup akan terus berjalan secara dinamis…semua akan selalu ada sisi positif dan negatifnya dalam segala aspek kehidupan tak terkecuali dalam perkembangan industri sepeda motor.

Yang paling menjadi kekecewaan tersendiri adalah “mengapa negara sebesar Indonesia ini, belum bisa mulai membuat motor atau mobil nasional sendiri seperti negara-negara asia lain seperti India, Cina bahkan Malaysia”

apakah para pemimpin bangsa ini akan terus menjadikan negara ini selamanya menjadi negara konsumen? bukan negara produsen seperti Jepang, Korea, India dll……Hmmm…mau sampai kapan ya?…

Ohh Indonesiaku….

viekyhartanto-personalBlog

19 thoughts on “Plus Minus kehadiran Honda CBR 150

  1. mending jangan beli motor sampe tua broo wkakkaka .. Dari pada beli motor sekarang, eehh tahuun depan ada lagi yg baru dan lebih murah .. Trus tahun depannya beli motor baru, ehhh tahun depannya depannya lagi ada motor baruuu wkkwkwk

  2. sbenernya taun2 kemaren udah pernah dibikin monas (motor nasional), tapi karena buyer disini udah pada ngerti kualitas barang, makanya monas tsb kalah bersaing dgn mopang (motor jepang) walaupun harganya lebih mahal 2x lipat..kan bisa kredit..eheheh:mrgreen:

    • itu dia Mas Bro…masalahnya juga pemerintah ga pernah serius untuk buat motor atau mobil nasional sendiri….jadi jelas aja kalau hasilnya juga ga maksimal alias cuma ala kadarnya aja. Coba kalau serius dan total…pasti bisa terwujud seperti bangsa2 lain.

  3. ah enggak lah, sama modelnya kurang tertarik apalagi harganya segitu… makin gak tertarik. nunggu 5 tahun lagi deh, buat beli motor baru.. hehe.

  4. dulu motor yg di jual di sini dibilang monoton,krn modelnya ga berubah2,cm gnti striping doang,sekarang banyak model baru masih pada ngeluh juga….nyante aja bro ente punya duit tinggal beli kalo bosen dgn tunggangan lama,,ane aja masih pake vespa jadul taun 63,,,ya ane pake aja karena keinginan punya motor bagus n mahal kek ninja 250 ga kesampaian2 jg sampe skrg…bersyukurlah bwt ente yg dikasih rezeki sama ALLAH,bs memenuhi keinginan BELI MOTOR BARU yg udah disediain sama produsen..oke bro…peace!!!!!

    • ha..ha..ha…. itulah manusia Mas Bro, jadi kelihatan serba salah ya Bro. and im totally agree with ur opinion ….. kita harus syukuri apa yang ada…makin banyak pilihan makin bagus, tinggal kalau ada yang cocok dan isi kantong mendukung tinggal dibeli deh. Motor lama yang sekiranya sayang kita jual, mending tetap kita piara biar jadi Collection Item dan bernostalgia.🙂

  5. sebuah produk sama seperti manusia ada kekurangan dan kelebihan masing-masing… nggk perlu diperdebatkan… slm “satu hati”

  6. mending ngak usah beli aja, kan bisa di tabung buat beli tanah yang makin lama kan harganya bisa nambah. kalau motor makin lama makin jatuh harganya…

  7. gpp ada motor mahal…justru hrs jd motivasi bwt kita…barang2 pd naik berarti penghasilan kita pun hrs dinaikkan…kerja lebih giat lagi…ane pun gi habis2an biar bisa beli motor premium ini…klo ada kemauan n kerja keras kita pst bisa miliki mtr ini,,cm 30an jt enteng brow…smangat!!!

  8. Salam kepada bikers2 di Indonesia.. Saya sudah menggunakan CBR150 ini baru aja 1tahun, kelebihannya minyak petrol jimat sangat & puas hati, tapi kekurangannya TopSpeed hanya 150kmj dgn Sporket 15/40 itu pun kena superman, kalau tidak superman.. bisa aja 140kmj. Dimalaysia motor ini harganya RM12,000 lebih, Secoundhand pun baru RM8,500, tetapi Kawasaki 150RR paling mahal pun RM10,000. TopSpeed dgn superman boleh dapat 200kmj. Bikin kepala pusing mikirin..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s