” Review ASUS Eee PC 1005HA Seashell “

Berikut ini Review dari Notebook yang saya gunakan yaitu :

ASUSASUS EeePC 1005HA

Model ini boleh jadi tidak seringan dan setipis kakaknya 1008HA SeaShell tapi kita mendapatkan baterai kapasitas lebih besar dan slot memory yang lebih mudah diupgrade. Model ini datang dengan aplikasi baru yang berguna seperti Data Sync, EzMessenger disamping tentunya Eee Storage.

Membahas EeePC 1005HA seperti membahas film dua babak. Babak pertama adalah tentang desain yang lebih sederhana dari kakaknya 1008HA. Babak kedua adalah tentang kemampuan software yang mulai dipasangkan kesetiap EeePC dimulai dari model 1005HA ini.

Adik Dari Eee PC 1008HA

Dalam babak pertama ASUS EeePC 1005HA tampil tidak seekstrim kakaknya 1008HA yang sangat tipis. Kakaknya bila anda lihat review ASUS EeePC 1008HA tampil tipis manis, menggunakan baterai Lithium Polymer, serta menutup semua port koneksi yang ada untuk memaksimalkan kelangsingannya. EeePC 1005HA menggunakan baterai Lithium Ion 6 cell kapasitas tinggi 5600 mAh 11.25 V yang membuat notebook menjadi lebih tebal. Semua konektor disamping notebook tidak lagi perlu ditutup serta port VGA kembali lagi seperti ukuran biasanya.

ASUS EeePC 1005HA ASUS EeePC 1005HA
Tampak atas
Tutup layar
ASUS EeePC 1005HA ASUS EeePC 1005HA
Dilihat dari belakang
Keyboard

Penyederhanaan 1005HA dibanding 1008HA ada di :

  1. penggunaan baterai Lithium Ion bukan Lithium Polymer.
  2. Perubahan tombol shortcut dibagian kiri atas keyboard dari tombol on-off WiFi dan Touchpad menjadi hanya untuk touchpad.
  3. Pemindahan indikator besar LED biru dari bagian belakang notebook menjadi tombol kecil menyatu dengan indikator baterai dan indikator akses hard disk dibagian bawah keyboard. Pada 1008HA lampu LED menjadi menyilaukan, sehingga perubahan di 1005HA menjadikan notebook lebih menyenangkan.
  4. Bagian bawah notebook kini mempunyai rongga untuk melakukan upgrade memori tanpa harus repot pergi ke service center ASUS. Upgrade memori menjadi sesuatu yang lebih mudah dilakukan di 1005HA.
ASUS EeePC 1005HA ASUS EeePC 1005HA
Shortcut button hanya untuk on-off touchpad
Jejeran lampu indikator
ASUS EeePC 1005HA ASUS EeePC 1005HA
Bagian belakang ada rongga untuk memori
Baterai Lithium Ion kapasitas besar

Kapasitas Baterai Makin Panjang

Kami mendapatkan 1005HA kuat untuk 7 jam lebih pemakaian “Always On”. Kami melakukan pengetesan baterai dengan cara kami sendiri tidak dengan software benchmark yang sudah baku. Bila anda sempat membaca review review Tambah.info, maka anda tahu bahwa kami mengetes ketahanan baterai mensimulasikan pemakaian kita bekerja terus menerus tanpa henti dengan aktifitas download dan pemutaran video. Berikut adalah setting kami:

  1. Menyalakan Wi-Fi terus menerus sambil melakukan download file yang besar.
  2. Mengatur Power Properties di Windows XP agar semuanya dalam kondisi “Never”. Layar dan Hard disk tidak pernah mati.
  3. Memutar berulang ulang sebuah film bentuk wmv 28 MB dengan tingkat suara rendah.
  4. Super Hybrid Engine dipilih ke mode Performance.
  5. Layar diatur setengah dari maksimum.
ASUS EeePC 1005HA ASUS EeePC 1005HA
7 Jam lebih sedikit
Beban prosessor sekitar 40% terus menerus
ASUS EeePC 1005HA
Baterai 11.25V 5600 mAh 63Wh

Jadi sekarang kita tahu bahwa dengan Eee PC 1005HA berbaterai penuh kita bisa presentasi ke klien ataupun melakukan aktifitas terhubung internet sekalipun dari pagi hingga 7 jam berikutnya tanpa kuatir baterai habis. Bila kita tidak menyalakan video dan kita mengijinkan hard disk dan layar untuk mati jika aktifitas komputer tidak ada, baterai yang kita punya akan tahan beroperasi lebih lama lagi.

Lalu bagaimana dengan klaim ASUS yang menyebutkan bahwa Eee PC 1005HA mempunyai ketahanan 10.5 jam ? Ada kejadian menarik ketika Tambah.info berada di service center Asus Indonesia untuk mengambil demo unit. Satu bapak yang sebelumnya sudah berkonsultasi lewat telepon dengan pihak service center membawa sebuah 1005HA. Keluhan bapak itu adalah bahwa saat notebook itu baru selesai disetup dengan hanya penambahan beberapa aplikasi kecil, baterai 1005HA tidak menunjukkan tanda tanda akan bisa bertahan selama 10.5 jam. Bapak itu ingin memeriksakan notebooknya untuk berjaga jaga kalau memang ada sesuatu yang salah. Maklum bapak ini hendak bepergian ke Amerika Serikat dua hari kemudian. Beliau juga minta ditunjukkan setting seperti apa yang harus dilakukan agar notebook dia benar benar bisa mencapai 10.5 jam. Teknisi ASUS melakukan pengecekan baterai untuk bapak itu untuk memastikan baterai beliau tidak ada gangguan.

Penjelasan dari ASUS dalam pencapaian ketahanan baterai yang dipublikasikan bisa ditemukan di alamat http://eeepc.asus.com/global/computing.html :

  • Benchmark yang digunakan ASUS adalah BatteryMark 4.0.1 dari Ziff Davis berjalan di sistem operasi Windows XP.
  • Eee PC Super Hybrid Engine di mode Power-Saving.
  • LCD di tingkat 40%
  • WiFi, Bluetooth, dan Web Cam semuanya OFF.

Kelengkapan Software

Kabar baik untuk calon pengguna 1005HA dan kabar baik untuk pengguna Eee PC dengan sistem operasi Windows XP. ASUS membuat banyak aplikasi berguna seperti Data Sync, EzMessenger, selain tentunya Eee Storage yang sudah lebih dulu ada. Anda bisa baca tentang ini di artikel review software ASUS Eee PC.

Asus EeePC Data Sync eZmessengger
Eee Dock untuk memanggil aplikasi aplikasi EeePC yang baru
Software baru di Eee PC
Asus EeePC Data Sync eZmessengger
Eee @Vibe
Asus EeePC Data Sync eZmessengger
Eee Sharing
Asus EeePC Data Sync eZmessengger
Eee Xperience
Asus EeePC Data Sync eZmessengger
Eee Tools
Eee @Vibe
Data Sync
Eee Splendid
Live Update
Eee Download
EzMessenger
SRS Premium Sound
Font Resizer
Eee Storage
Voice Command
Settings

Performance

Eee PC 1005HA Seashell yang diuji menggunakan hard disk Seagate ST9160310AS sama dengan semua Eee PC yang pernah diuji oleh Tambah.info. Kami baru sadar bahwa dalam pengujian menggunakan software HD Tune, notebook 1005HA ini dan juga 1008HA sebelumnya mempunyai performance yang lebih rendah dibanding 1000HE.

ASUS EeePC 1005HA ASUS EeePC 1005HA
Angka HD Tune
Angka CrystalDiskMark

Berikut angka perbandingannya angka HDTune

Perbandingan hasil Benchmark HD Tune
1000HE 1008HA 1005HA
Minimum Transfer Speed (MB/sec) 42.4 30.5 32.1
Maximum Transfer Speed (MB/sec) 88,4 65.9 66.0
Average Transfer Speed (MB/sec) 69.1 51.2 52.2
Access Time (milli second) 17.4 23.2 22

Apa arti angka angka diatas? Kita ambil contoh angka “Average Transfer Disc”. 1000HE bisa mentransfer rata rata 69.1 MB dalam satu detik sedangkan 1008HA dan 1005HA hanya bisa mentransfer rata rata 51 dan 52 MB dalam 1 detik. Sedangkan “Access Time” artinya mekanisme kepala baca ( Read Head ) di hard disk Seagate itu membutuhkan waktu rata rata hanya 17.4 milidetik untuk pergi ketempat data disimpan. 1008HA dan 1005HA membutuhkan waktu yang lebih lama.

Hard disk adalah elektronik didalam notebook yang memakan listrik paling besar selain prosessor dan layar. ASUS kemungkinan menjaga agar hard disk di Eee PC bisa lebih hemat lagi dalam konsumsi listrik. Konsekuensinya adalah performance hard disk turun. Kompromi ini menurut Tambah.info masuk akal karena kita membeli mini notebook untuk bisa bekerja dimana saja kapan saja, tidak untuk melakukan editing video yang sangat tergantung dari kecepatan hard disk.

Kemudahan Upgrade

ASUS melakukan perbaikan di 1005HA ini dan menyediakan slot memory yang bisa diakses oleh kita para pengguna. Pada 1008HA upgrade memory hanya bisa dilakukan di service center. Satu nilai plus untuk 1005HA! Sebenarnya jika Microsoft tidak membatasi bahwa memori mini notebook dengan sistem operasi Windows XP hanya boleh maksimum 1 GB, kami pikir banyak pabrik notebook akan memasangkan memory maksimum sebesar 2 GB di sistem Intel Atom dan tidak perlu lagi repot menyediakan rongga untuk upgrade memori.

Apakah aplikasi seperti ini sebelumnya belum pernah ada sehingga bisa kita sebut bahwa ASUS ini canggih sekali bisa membuat aplikasi seperti ini? Sama sekali tidak. Beberapa aplikasi sudah Tambah.info lihat dibuat 5 tahun yang lalu ( contoh : eZMessenger – software untuk koneksi antar notebook ber WiFi tanpa harus ada koneksi internet ). Namun aplikasi aplikasi itu terpisah pisah, harus dibeli terpisah, harus diinstall terpisah, sehingga tidak banyak dari kita tahu kemampuan aplikasi tersebut. ASUS membawakannya ke kita sebagai pengguna dan merangkaikannya menjadi aplikasi yang mudah dipakai. Bravo untuk ASUS.

Suhu Notebook

Tidak ada yang bisa dilaporkan. Operasi notebook dalam jangka waktu lama tidak menimbulkan panas yang mengganggu. Keyboard dan palmrest selalu sejuk.

Layar

Layar 1005HA yang berdiameter 10 inci dengan LED Backlight menghasilkan tampilan yang terang. Pada tingkat maksimum layarnya sangat terang sehingga mungkin hanya perlu digunakan jika kita ada diluar ruangan.

Suara dan Speaker

1005HA datang dengan pengaturan SRS Surround yang meningkatkan kenyamanan kita menikmati musik. Suara yang keluar dari speaker cukup kuat dan jelas. Dibawah ada gambar dari aplikasi SRS Surroundnya. Bila kita memilih mode yang tidak tetap ( misalnya mode headphone ) padahal kita mendengarkan musik melalui speaker komputer, suara menjadi aneh. Jadi jangan lupa mengecek mode apa yang dipilih.

Asus EeePC Data Sync eZmessengger
Menu pengaturan SRS Premium Sound

Spesifikasi

Hati hati ada dua macam konfigurasi 1005HA di pasaran. Model yang diuji oleh Tambah.info adalah 1005HA-H ( H untuk High? ). Masih ada satu lagi yang lebih murah yaitu 1005HA-E ( E untuk Entry? ). Seri E baterainya lebih kecil, webcam lebih rendah resolusinya, tanpa bluetooth dan prosessornya satu tingkat lebih rendah.

ASUS EeePC 1005HA
Model EeePC 1008HA EeePC 1005HA-H EeePC 1005HA-E
Fitur Khusus Paling Tipis dan ringan
Semua port tersembunyi
Lithium Polymer battery
Tipis dan ringan
Baterai Panjang
Tipis dan ringan
Warna Hitam dan Putih Hitam, Putih, Pink dan Biru Hitam, Putih, Pink dan Biru
Layar 10 inci 10 inci 10 inci
Dimensions 262 x 178 x 18~ 25.7 mm 260 x 170 x 26 mm 260 x 170 x 26 mm
Berat 1.1 kg 1.27 kg 1.1 kg
Baterai Polymer 32 Wh 6 cell klaim 10.5 jam 3 cell klaim 4 jam
Processor Intel Atom N280
1.66 Ghz , 512KB Cache
Intel Atom N280
1.66 Ghz , 512KB Cache
Intel Atom N270
1.6 Ghz , 512KB Cache
Graphics Intel GMA 950 Intel GMA 950 Intel GMA 950
OS XP Home XP Home XP Home
HDD 160 GB 160 GB 160 GB
Memory / Max. 1 GB / 2 GB 1 GB / 2 GB 1 GB / 2 GB
Chipset Intel 945GSE Intel 945GSE Intel 945GSE
Wireless 802.11n 802.11n 802.11n
Bluetooth Ada Ada Tidak Ada
Webcam 1.3 Mega Pixel 1.3 Mega Pixel 0.3 Mega Pixel
USB 2 slot 3 slot 3 slot
Warranty 1 Tahun 1 Tahun Global Warranty 1 Tahun Global Warranty
Harga US$ 539 US$ 429 US$ 349
Link Spec Lengkap | Foto Galery Spec Lengkap | Foto Gallery Spec Lengkap | Foto Gallery
Link Cari Penjual Cari Penjual Cari Penjual

After Sales

Bila sebelumnya semua Eee PC mendapatkan 1 tahun garansi di Indonesia, maka kami diinformasikan bahwa mulai tipe 1005HA ASUS Eee PC juga mendapat garansi Global. Jadi bila anda seperti bapak dalam cerita diatas tentang baterai sedang berkunjung ke Amerika Serikat, maka garansi 1005HAnya berlaku juga disana. Garansi untuk notebook ASUS ( non-Eee PC ), sebagai informasi, adalah 2 tahun Global Warranty.

Keunggulan Eee PC 1005HA Seashell

  • Ketahanan baterai selama 7 jam lebih “Always On” membuat rekor baru ketahanan baterai kategori mini notebook.
  • Desain dan finishing yang rapih.
  • Fasilitas software Datasync dan eZMessengger bermanfaat.
  • Eee Storagenya bisa dimanfaatkan untuk akses data kita dimana saja.

Kekurangan Eee PC 1005HA Seashell

  • Belum ada.

Kesimpulan

Eee PC 1005HA Seashell pantas dibeli. Harganya bukan yang paling murah tapi spesifikasi lebih tinggi dan kekuatan baterainya panjang. Model 1005HA-E dengan spesifikasi yang lebih rendah dan harga beda US$ 70 boleh juga karena ekonomis walaupun kami tipe yang lebih senang dengan baterai lebih panjang.

Setelah 2 tahun menekuni kategori mini notebook, ASUS menawarkan Eee PC 1005HA Seashell yang secara teknikal dan konstruksi sudah matang. ASUS juga kelihatannya juga telah melakukan manajemen power untuk ketahanan baterai maksimal. Kini giliran mereka meningkatkan kemampuan software ( Datasync, eZMessenger, Eee Storage, dll ) termasuk menyediakan versi Windows 7 untuk software tersebut.

source :http://tambah.info/

viekyhartanto-personalBlog      email: viekyhartanto@yahoo.com

One thought on “” Review ASUS Eee PC 1005HA Seashell “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s