Haruskah semangat Brotherhood hanya untuk teman satu klub?

Setelah sering membaca posting-postingan milist dari beberapa klub motor yang ada di Indonesia seperti Honda Tiger, Pulsarian, Yamaha Scorpio dan Vixion, Suzuki Satria Club dll.

Dan juga setelah sering beberapa kali berpas-pasan atau bertemu dengan beberapa klub motor yang sedang Touring atau sekedar Rolling Thunder…selain cukup terkesan namun ada beberapa hal yang cukup mengganjal di hati saya.

Selain tentunya karena ada beberapa oknum anggota club yang terkesan “fanatik berlebihan” kepada merk atau klub sepeda motornya, hal lain yang cukup menggelitik adalah….mengapa sepertinya semangat persaudaraan/brotherhood itu seperti hanya berlaku bagi rekan-rekan atau kawan sesama satu klub atau satu merk motor saja? dan mengapa seperti tidak berlaku bagi sesama pengendara motor yang lain walaupun berbeda merk motor atau beda klub motor ?

Jika sesama rekan satu klub saling membantu satu sama lain jika ada yang kesusahan atau mengalami masalah di jalan itu sudah hal yang wajar dan lumrah ditemui….namun sepertinya masih jarang sekali (walau mungkin ada) seorang anggota klub suatu motor tertentu yang terlihat membantu sesama pengendara motor lain yang mengalami kesulitan atau masalah di jalan raya, walau hanya untuk sekedar menanyakan apa masalahnya.

dengan kenyataan seperti itu sebuah klub motor akan terkesan inklusif hanya untuk satu merk tertentu, bahkan ada yang secara ekstrem menilai klub motor adalah sekumpulan orang-orang yang arogan dan ga perduli dengan orang-orang di sekitarnya ( padahal penilaian seperti itu jelas-jelas salah dan berbeda sekali dengan cita-cita dasar dari terbentuknya sebuah klub motor itu sendiri ) walaupun tidak bisa juga kita cegah dan hindari komentar-komentar miring seperti itu, terlepas dari ketidak tahuan mereka tentang manfaat dan pentingnya sarana seperti klub motor tersebut atau mungkin karena pengalaman buruk mereka dengan perilaku beberapa oknum anggota sebuah klub motor tertentu ketika mereka sedang dalam perjalanan.

terakhir, belum lama ini saya membaca postingan milist salah seorang anggota klub Tiger HTML yang menceritakan pengalamannya yang mendapat kemudahan bantuan dari rekan-rekannya sesama klub HTML ketika motornya sedang mengalami trouble di jalan…..dia hanya mengirim informasi atau pesan melalui BBM/BlackBerryMessenger Group HTML dan dalam sekejap datanglah rekan-rekan sesama klub yang kebetulan posisinya berada dekat dengannya dan sementara yang lain yang berada cukup jauh tetap menawarkan bantuannya jika memang dibutuhkan…..hmm alangkah dasyat dan indahnya semangat persaudaraan seperti itu ya  :) …namun alangkah lebih indah dan lebih dasyat lagi jika hal-hal semacam itu berlaku juga untuk sesama pengendara motor lain di jalan atau bahkan berlaku juga untuk pengendara mobil.

Hal tersebut bukanlah tidak mungkin dan mustahil, hanya memang butuh niat yang benar-benar tulus dan tanpa pamrih…..So, jangan pernah ragu untuk bergabung dengan sebuah Klub Motor atau apapun itu…selama itu niatnya baik dan untuk saling berbagi dalam hal kebaikan dan kemanusiaan.

viekyhartanto-personalBlog      email: viekyhartanto@yahoo.com

14 thoughts on “Haruskah semangat Brotherhood hanya untuk teman satu klub?

  1. tidak bro…sesungguhna arti dari brotherhood itu sendiri mencakup semua club atwe komunitas motor lainnya,so dimanapun..kapanpun..dengan siapapun kita wajib junjung persodaraan dan rasa saling peduli antar sesama pengendara kendaraan bermotor…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s