Kawan, Ramadhan Sebentar Lagi

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Cepetan cuci muka lalu duduk dan baca dengan sepenuh hati. Jangan lupa baca bismillah biar tambah diberkahi. Oke, sudah? Mari kita mulai dan pelan-pelan dah diikuti.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Sudah sampai manakah persiapan kita dari bulan Rajab sampai detik ini. Apakah sudah banyak, lumayan, atau tidak sama sekali. Ayo, buruan mumpung masih ada beberapa hari lagi. Kita persiapkan iman, fisik, serta materi. Biar nanti ibadahnya bisa maksimal supaya gak menyesal di kemudian hari.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Kedatangan bulan ini sangatlah dirindui. Gimana nggak, dalam riwayat saja dikatakan bahwa siapa saja yang seneng atas datangnya Ramadhan bakalan diselamatkan dari panasnya api. Ayo, buru-buru dah berbenah diri. Buat agenda Ramadhan dari tanggal satu sampai hari terakhir nanti. Biar Ramadhan kali ini lebih baik dari Ramadhan tahun kemarin yang sudah kita sama-sama lewati.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Bulan ini bulan panen kata syaikh Yusuf Qordhowi. Bukan saja buat yang muslim yang non muslim pun ikut menikmati. Bulan yang didalamnya juga banyak tambahan karunia serta rejeki. Coba dipikirin bahwa THR itu ya Cuma ada di bulan Ramadhan, bukan di bulan April, Mei, ataupun Juni. Di bulan ini juga biji salak yang tadinya keras bisa jadi lunak, enak dimakan lagi. Dan ingat rejeki itu tak hanya sekedar materi. Tapi bisa juga ilmu, sehat, dan masih banyak lagi yang gak bakalan mungkin dituliskan satu per satu disini.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Dalam Ramadhan juga terdapat banyak diskon pahala dari yang nilainya paling kecil sampai yang paling tinggi. Dalam shohih Ibnu Khuzaimah dikatakan bahwa pahala sunnah sama kayak wajib dan yang wajib dilipat gandakan sebanyak 70 kali. Nah, kurang baik apa Allah sama kita padahal kita sering lupa diri. Dan Grand Prize-nya buat orang berpuasa bakalan bisa ketemu Allah di sorga yang abadi. Udah tau ilmunya ayo dah kita beraksi.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Ramadhan juga bisa jadi ajang penghapusan dosa-dosa yang nempel di badan, telinga, mata, mulut ataupun kaki. Siapa saja yang berpuasa dengan iman dan ihtisab (pengaharapan) akan diampuni dosanya yang lalu ini kata Nabi. Makanya jangan kita lewatin kesempetan yang Cuma datang setahun sekali. Karna emang kita butuh pengampunan atas segala maksiat yang doyan banget kita kerjain acap kali.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Di bulan ini juga ada lailatul qodr yang lebih baik dari 1000 bulan kata Allah dalam firmanNya yang suci. Untuk itu rencanakan untuk itikaf di 10 hari terakhir menjelang idul fitri. Lumayan kan kalo dapet pahalanya bisa menambah saldo pahala-pahala kita yang mungkin cuma segede jari.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Ayo kita ramaikan masjid dan mushollah yang biasanya pada sepi. Lakukan sholat jama’ah di masjid ditiap sholat wajib yang lima kali sehari. Terus juga taraweh pada malam hari. Terserah mau ikut yang 11, 23, 36 asal jangan saling ejek-ejekan merasa paling bener sendiri. Jangan ngerame-in masjid dengan cara bakar petasan atawa kembang api. Apalagi dari rumah taraweh eh taunya malah tawuran sama kampung laen yang notabenenya sodara sendiri.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Udah pada siapin duit kan buat infaq nanti. Maksimalkan infaq karena bulan Ramadhan adalah bulan social yang layak kita pelajari. Bukankah kasih makan yang berbuka akan dapet pahala sama dengan orang yang berpuasa satuhari. Gak ada uang bismillah aja mudah-mudahan Allah kasih rejeki. Oya, jangan lupa zakat fitrahnya disetor ke para mustahiq biar hartanya tambah suci. Suci dari kotoran-kotoran yang mungkin kita nggak sadari.

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Ayo kita buat targetan harus berapa lembar Al-Quran yang kita baca di tiap hari. Update terus keimanan jangan cuman update status di facebook, dankawan-kawannya yang gak ada manfaatnya sama sekali. Lewat tulisan ini mari dah kita non aktif-kan keluh kesah, pamer ibadah di Facebook kita sebulan aja, masa gak berani?

Kawan, Ramadhan sebentar lagi. Maapin dah kalo emang banyak salah baik lisan, sikap atau pun tingkah yang dirasa tidak mengenakan hati. Ya, namanya juga manusia bukan malaikat yang suci. Kan kalo kata orang mah luka dengan pedang bisa disembuhin tapi luka dengan lidah hendak kemana obat dicari. Mohon maaf bila selama kita saling berinteraksi. Terbesit kesombongan atau kejelekan dll yang nampak jelas dalam diri yang lemah ini. Mudah-mudahan melalui permohonan maaf ini puasa kita sama-sama bisa dinikmati, sama-sama tenang juga dalam menjalani. Oke dah see you di idul fitri. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang bisa masuk lewat pintu ArRoyyan pas di surga nanti.

Oleh Dinar Zul Akbar  , sumber : Eramuslim.com

viekyhartanto-personalBlog      email: viekyhartanto@yahoo.com

4 thoughts on “Kawan, Ramadhan Sebentar Lagi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s