Ga Punya BB mau BBM-an ? pakai Whatsapp… “

WhatsApp Instant messaging atau saya singkat WP, Sebenarnya ini bukan Aplikasi baru, namun mungkin saja masih ada yang belum tahu atau belum cukup familiar dengan aplikasi ini.

Nah di sini saya hanya ingin share pengalaman saya selama mengenal dan menggunakan aplikasi ini di Smartphone Nokia E-72 saya.

Jika kita belum bisa atau belum mau mempunyai smartphone Blackberry karena alasan tertentu tapi tetap ingin memiliki aplikasi seperti BBM  ( Blackberry Messenger ) di smartphone kita, maka aplikasi WhatsApp inilah jawabannya.

Aplikasi ini bisa dijalankan di beberapa OS (Operating System) smartphone yang berbeda, mulai dari Symbian, Android, Apple ios, windows, bahkan Blackberry.

Jadi punya banyak kelebihan ketimbang BBM pada BB yang segmented dan eksklusif itu, yang hanya bisa diperoleh jika kita memiliki perangkat Blackberry saja. WhatsApp (WP) jauh lebih universal dan tentunya jadi makin banyak terhubung dengan lingkaran teman atau saudara yang jauh lebih luas ketimbang BB.

untuk saat ini Aplikasi WP ini masih gratis selama 1 tahun, setelah itu akan berbayar kurang lebih  USD1.99/tahun. Tapi waktu 1 tahun masih lumayan lah untuk menikmati aplikasi ini, gratis pula.

Cara mendownload dan menjalankan aplikasi ini pun mudah. Teman tinggal cari di Ovi/Nokia store atau cari aja di paman Google dengan kata kunci WhatsApp App for Nokia.

Jika sudah ketemu maka tinggal download aplikasinya, jika sudah selesai download kita akan diminta memasukan no Hp kita, contoh : +62 838999888 lalu tekan next, setelah itu kita diminta memasukan nama kita, contoh : Rangga, lalu tekan next dan tunggu beberapa saat maka Aplikasi WP sudah bisa segera kita gunakan ( tentunya calon lawan chat kita juga sudah harus menginstall/download aplikasi Wp ini juga ), dan seperti berikut tampilan layarnya :

Salah satu faktor penting dari Aplikasi ini adalah perlunya kekuatan sinyal pada saat menjalankannya, jika di layar sinyal Hp anda terdapat tulisan 3G atau 3.5G maka aplikasi ini akan dengan mulus dan cepat berjalan.

Selain instant message/pesan cepat, anda juga bisa dengan cepat mengirim file dalam format Jpg ataupun video. jika teman ingin berkirim gambar dengan cepat, jangan lupa sebelum mengambil gambar atau foto, diformat/disetting dulu dengan ukuran yang tidak terlalu besar.

oh iya, gambar2 emoticons seperti yang umum ada di YM ( yahoo messenger ) juga tersedia di sini malah sepertinya lebih beragam, jadi teman tidak usah khawatir🙂

Last but not least, setiap produk pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Nah setelah beberapa kelebihan yang sudah saya ungkapkan beberapa diantaranya di atas, salah satu kekurangan dari Aplikasi ini menurut saya adalah boros tenaga baterai. Baterai Hp kita akan lebih cepat habis dari biasanya dan itu yang membuat saya punya trik tersendiri untuk menggunakannya, yaitu dengan menginstall WP ini saat saya perlukan saja. Dan jika sudah selesai maka akan langsung saya remove aplikasinya dan begitu seterusnya.

Ga heran kenapa aplikasi ini bisa sangat menyedot dan menghabiskan daya baterai smartphone kita, karena aplikasi ini standby terus selama 24jam dan tidak bisa di Sign out seperti aplikasi YM , Nimbuzz atau Ebuddy. jadi wajar saja baterai kita akan cepat habis, apalagi jika sinyal operatornya naik turun, masuk lift ga ada sinyal dll, maka makin memperparah dan akan makin cepat habis daya baterai kita sehingga harus lebih sering dicharge.

Pantas saja hampir semua perangkat BB lebih cepat habis baterainya ketimbang smartphone lain semacam nokia, karena hampir semua aplikasinya standby terus selama 24jam Non-Stop dan itu otomatis berdampak langsung pada kemampuan baterai.

So, semua jadi tergantung kita dalam memilih dan memilah mana yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Semoga ada manfaatnya.

viekyhartanto-personalBlog      email: viekyhartanto@yahoo.com

30 thoughts on “Ga Punya BB mau BBM-an ? pakai Whatsapp… “

  1. Kalo sinyal EDGE stabil, network di set ke EDGE aja mas, daripada harus install remove..😀 bisa lumayan menghemat batre kok. Udah saya terapin di E72 milik istri saya. Saya install juga push e-mail Seven, bisa bertahan hampir 2 hari:mrgreen: Lumayan.. Kata istri, jadi serasa punya BB. Messenger lancar, Push Email juga real time..

    • tku Bro Ardhi, masalahnya sinyal di rmhku bagus kalau lagi di lantai 2 aja Mas Bro. sedangkan sy lbh sering beraktifitas di bawah, tp sinyal ke blok kaya lagi di basement soalnya tetangga kanan kiri jg pada 2 lantai semua. ga usah di set apa2 jg baterai hpku bs hbs sekitar 2 harian kalau pakai WP mas Bro…he3..any way TFS ya Bro. salam

    • kalau yg anda maksud terhubung dgn aplikasi BBM yg ada di BB itu ga bs Mas Bro. tapi kalau yg anda maksud apakah bisa terhubung dgn aplikasi WP lain yg diinstall di BB, Android atau OS smartphone yg lain, kalau ini yg anda maksud maka jawabannya “bisa”. begitu Mas Bro. salam

  2. Friend Add WP (WhatsApp) Sya ya.. Nih PIN nya… 6285789041516 ok.. Aku tunğğu Lagi ßutuh Temen Di WP. Hehe…

  3. Kalau motorola q9h support gak dg WP ini ? meski d bb saya sudah ada WP tapi harus paket full service,, boros – makanya mau coba d motorola biar hemat,,,hehehhe

    • kalau menurut informasi yg saya temukan, Nokia Asha 202 memang belum/tidak bisa support utk aplikasi WhatsApp. Berikut informasinya :
      Minimum requirements: for whatsapp are :- Unlimited internet data plan! Nokia S60 3rd edition, 5th edition, Symbian^3, Symbian Anna, or Symbian Belle Operating System >Supported device list: nokia :- Symbian: X7 · E6 · N8 · C6 · C7 · E7 · 500 · 600 · 603 · 700 · 701 · 808 S60 5th edition: Nokia 5800 · Nokia 5530 · Nokia 5230 · Nokia 5233 · Nokia 5235 · Nokia N97 · Nokia N97 mini · Nokia X6 · Nokia X5-01 · Nokia C6 · Nokia C5-03 · Samsung i8910 Omnia HD · Sony Ericsson Satio · Sony Ericsson Vivaz · Sony Ericsson Vivaz Pro S60 3rd edition: Nokia 5700 · Nokia 6110 · Nokia 6120 · Nokia 6121 · Nokia 6124 · Nokia 6700 · Nokia 6290 · Nokia E51 · Nokia E63 · Nokia E66 · Nokia E71 · Nokia E90 Communicator · Nokia N76 · Nokia N81 · Nokia N81 8GB · Nokia N82 · Nokia N95 · Nokia N95 8GB · Nokia 5320 · Nokia 5630 · Nokia 5730 · Nokia 6210 · Nokia 6220 · Nokia 6650 fold · Nokia 6710 Navigator · Nokia 6720 · Nokia 6730 · Nokia 6760 Slide · Nokia 6790 Surge · Nokia C5 · Nokia E52 · Nokia E55 · Nokia E72 · Nokia E73 · Nokia E75 · Nokia E5 · Nokia N78 · Nokia N79 · Nokia N85 · Nokia N86 8MP · Nokia N96 · >>> so your device is not compatible with whatsapp

      Read more: I have a vodafone and it doesnt want to support mxit and whatsapp,how can i download them and i they supported by my phone? – Is mxit and whatsapp supportedn by my vodafone553 and how can i download them? :: Ask Me Fast at http://www.askmefast.com/I_have_a_vodafone_and_it_doesnt_want_to_support_mxit_and_whatsapphow_can_i_download_them_and_i_they_supported_by_my_phone-qna4050177.html

  4. lebih enteng WA gan, n temen2 sekelas banyak yang pake WA…
    Oh ya, setelah setahun pemakaian disuruh membayar $1.99 kira-kira pembayarannya apakah pakai potong pulsa?
    makasih gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s