Cara Update Android (GingerBread to IceCream Sandwich) Sony Xperia Go

Assalamu’alaikum wr wb,

Dear BroSis, pada saat meminang smartphone android Sony Xperia Go ST 27i…(bukan ST 12 lho ya…xixixi)  belum lama lalu, sang pramuniaga/penjaga counter hpnya sudah menginformasikan bahwa OS bawaan dari Xperia Go ini adalah masih GingerBread/versi 2.3.7 dan dijanjikan akan diupgrade ke Android terbaru yaitu Ice Cream Sandwich/versi 4.0.4 hmm seru juga nih..

Alhasil setelah baru beberapa hari mencoba mengeksplorasi Android bawaan yaitu GingerBread (yang mana sudah cukup bagus dan canggih menurut asumsi saya pribadi) tapi lama kelamaan makin penasaran juga seperti apa dan dimana letak bedanya dengan OS Android yang lebih anyar yaitu Ice Cream Sandwich.

Singkat cerita, iseng2 download ke PC, software “PC Companion” untuk smartphone sony di website resmi Sony : http://www.sonymobile.com

dan setelah complete Download, langsung aja saya sambungkan Handset Xperia Go saya ke PC melalui kabel data USB bawaan ( yang berfungsi untuk kabel charger juga ) tinggal dicopot saja chargernya.

nah sesaat setelah disambungkan, pada box PC Companion tersebut langsung muncul notifikasi/pemberitahuan bahwa sudah tersedia Software/perangkat lunak terbaru untuk Xperia Go dan dikasih pilihan apakah ingin Update atau dilewatkan dulu.

Hmmm….setelah sempat ragu beberapa saat, akhirnya saya putuskan untuk langsung Upgrade…langsung klik deh “Update” ( saat itu hari jumat sekitar jam 10 pagi lewat )

Langsung deh jantung jd deg2an ga karuan, jd gelisah karena setelah sambil baca sana sini kalau menghentikan proses download di tengah jalan bisa bikin smartphone kita mati total atau Hang….haduuuuhhh….panik.com deh🙂

ada 4 tahapan yang harus kita lalui di sini, 1. Start, 2.Prepare, 3.Update, dan 4.Finish. nah yang lama dan bikin deg2an itu di tahapan yang no.2 dan 3. dan yang paling makan waktu lama itu tahap no.2 karena PC kita sedang menarik data OS terbaru dari internet ke memori PC setelah sebelumnya PC membuat back up data smartphone kita terlebih dahulu.

Spesifikasi ringkas

  • 110 g
  • 3.9 ounces
  • 111 x 60.3 x 9.8 mm
  • 4.4 x 2.4 x 0.4 inches
  • Waktu bicara (sampai): 6 jam 30 menit [1]
  • Waktu siaga (sampai): 520 jam [1]
  • Waktu mendengarkan musik: 45 jam
  • Waktu pemutaran video: 6 jam

Warna yang tersedia

HitamWhiteYellow

  • Layar sentuh TFT tahan gores 3,5 inci
  • 16 juta warna, 480 x 320 piksel
  • Google Android 2.3 (Gingerbread)
  • 1 GHz NovaThor™ U8500 Dual-core Cortex A9
  • Kamera 5 megapiksel dengan fokus otomatis
  • Zum digital 16x, lampu kilat LED
Xperia™ go, layar 3,5 inci

Perkiraan/prediksi pribadi untuk waktu proses Upgrade sekitar 2-3jam meleset sudah…bikin makin gelisah hati aja deh nih…mana msh baru dan msh garansi pula…wkwkwkwk…. dan u know what BroSis? lama prosesnya dari sekitar jam 10 pagi lewat s/d jam 16.45 sore….waduhhhh apa ga deg2an tuh coba…sampe2  baca wirid terus😀 saking cemasnya.

Dah nyiapin skenario terburuk untuk pulang agak malam sambil pesen ke OB yang pegang kunci kantor untuk nungguin😀 kalau2 harus pulang malam nungguin proses upgradenya.

Alhamdulillah sekitar jam 16.00 tahap 2 sudah kelar dan langsung masuk ke tahap ke 3 dimana update yang sudah tersimpan di PC di sinkronkan dengan handset kita, yang ini Alhamdulillah berjalan cukup cepat dan sekitar 16.45 sudah selesai semua ( Finish ) dan Hp diminta untuk dimatikan dan direStart.

So, dengan wajah pucat dan keringat dingin..xixixi ( lebay banget ya ) Hp coba dinyalain lagi dan Terreeeennggg….. OS sudah ter-upgrade dari GingerBread ke Android IceCream Sandwich🙂  Alhamdulillah wa syukurillah….terbayarkanlah sudah penantian yang terasa begitu lama itu.

Berikut “Screen Shot” Software sebelum diupgrade : ( tertulis di sana Android version masih 2.3.7 ( Alias GingerBread/ roti jahe😀 )

 

 

Dan berikut hasil “Print Screen dari PC” yang sempat saya abadikan pada saat proses Upgrade sedang berjalan : ( click to enlarge/klik untuk membesarkan )

 

Dan berikut ” Screen Shot” setelah proses Upgrade selesai, ( Android Version sudah berubah menjadi 4.0.4/ Ice Cream Sandwich🙂  Alhamdulillah..Alhamdulillah…..
Oh iya BroSis, satu hal yang awalnya sempet bikin saya kecewa dengan OS Android Ice Cream ini yaitu hilangnya fitur “Screen Shot” yang pada Android GingerBread sebelumnya ada/muncul  setelah tombol power di tekan, nah pada Ice Cream ini sudah tidak ada lagi di tempat yang sama, setelah diubek2 ga ketemu2 juga mulai deh cari2 informasinya di mbah google dan Alhamdulillah ketemu dan ternyata di IceCream fitur Screen Shot ini malah sudah bawaannya sejak lahir dan memang dengan cara yang berbeda yaitu dengan menekan tombol power dan tombol Volume down secara bersamaan dan -/+ selama 3 detik ” ( harus benar2 presisi dan tepat waktunya) kalau ngga, jangan harap bisa berhasil😀.
Dan ternyata memang banyak fitur2 lain bawaan Ice Cream ini yang sangat bermanfaat dan makin meningkatkan kinerja Smartphone kita seperti fitur “Perfomance Assistant”, “fast Dial” , “Power Management”, “Network Data Control” dan masih banyak lagi.
Alhamdulillah ga nyesel deh sudah Upgrade ke Ice Cream walaupun hrs dag-dig-dug ga karuan🙂
Demikian Share saya kali ini, semoga bisa bermanfaat buat BroSis semua.
sekian, Wassalamu’alaikum wr wb.
Vieky Hartanto

94 thoughts on “Cara Update Android (GingerBread to IceCream Sandwich) Sony Xperia Go

    • Ga perlu Gan, cukup download PC Companion dari website resmi Sony yg sy jabarkan di atas, trs sambungkan HP ke PC dgn kabel USB/kabel original untuk charge Hp.

      Oh iya Ga, sebelum Hp diupgrade sebaiknya cabut dulu Memory Card Eksternalnya. trs pastikan juga internet utk proses Upgrade stabil dan bandwithnya tidak kecil supaya proses berjalan cepat (-/+ hanya sekitar 2-3jam ( menurut informasi dari Sony Center ). semoga membantu🙂

    • @ Kote, iya betul Gan, kalau jaringan internet yg digunakan ketika update itu stabil dan bandwithnya cukup besar otomatis prosesnya makin cepat, spt yg sy jelaskan pd pertanyaan di atas.

      “Oh iya Gan, sebelum Hp diupgrade sebaiknya cabut dulu Memory Card Eksternalnya. trs pastikan juga internet utk proses Upgrade stabil dan bandwithnya tidak kecil supaya proses berjalan cepat (-/+ hanya sekitar 2-3jam ( menurut informasi dari Sony Center ). semoga membantu ”

      dan untuk tema yg bs bergerak, mungkin maksud anda adalah Live Wallpaper Gan, rubah saja wallpapernya dgn “Live Wallpaper”, tp kalau mau baterai Hp jd lbh awet, gunakan saja wallpaper biasa.

  1. Wah,, seru kayaknya gan, ane udah sebulan pake Xperia GO, rencana mau upgrade ke ICS, tp baru baca artikelnya agan jadi deg deg kan juga ni mau nyobanya,, hihihihihi..
    ntar ane serahin ke sony center aja lah, biar aman dikit.. wkwkwkwk

    • he3 mmg bikin deg2an Bro Agus. tapi selama jaringan internet pd PC yg digunakan ketika update itu stabil dan bandwithnya cukup besar otomatis prosesnya makin cepat, normalnya cm 2-3 jam saja. tapi memang kalau Bro Agus ragu2 mmg lebih amannya dtgin langsung aja Sony Center terdekat.

      Berikut no telp Sony Center :

      Senin sampai Minggu : 08:00 – 22:00
      Untuk berbicara dengan kami melalui telepon, hubungi:

      ‎ +62 21 2935 7669

      Demikian, semoga bisa cukup membantu. Salam

  2. om koq aku gagal pas mau masuk tahap 3 ya??
    ada 5 perintah
    1. putuskan koneksi dengan PC
    2. pastikan kondisi batrei lebih dr 50%
    3. matikan HPnya tunggu 5 detik
    4. hubungkan hp ke PC dengan kondisi mati, tp saat mencolokkan kabel ke PC sambil d tekan volume bawah

  3. Saya juga habis update xperia sola saya ke ICS. Saya sempat kecewa ketika habis update, theme nya yg membawa live wallpaper hilang dan berganti jadi wallpaper standar xperia. Setelah diubek2 ketemu juga, ternyata live wallpaper cosmic nya masih ada, cuma harus di set tersendiri, gak otomatis ter set bareng theme nya. Perubahan paling kentara adalah, player music sola yg di gingerbread masih standar android dengan kostumasi dari sony, di ICS nya berubah jadi walkman player yg asik punya………

  4. saya senang waktu upgrade sony u saya berhasil. tapi setelah setengah hari eehhh ternyata mati total deh hpnya. ndak tau kenapa, padahal nda ada problem sebelumnya.

  5. w dah coba ni cara dari u gan..
    tp w di tahap preparenya cpt kurang dri satu jam…
    trus di tahap 3 ga ada keanjutan sama sekali gan
    padahal dah di tinggal lumayan lama tp msh gtu” aja ..
    ga ada mbng loading berjalan..

    trus ane ketik enter..
    eh malah keluar gambar finish
    di suru matikan ponsel dan hidupkan kembali…

    alhasil msh 2.3 gan…

    ada yang salah ga si ????

  6. iya Bro Azwar, kalau ga PD sebaiknya bawa langsung aja ke Dealer / Sony Center terdekat dan minta update di sana gratis.

    @ Bro Yudhis, kalau sdh dilakukan sesuai urutan yg sy info di atas seharusnya tdk ada masalah, itu kemungkinan ada proses yg blm selesai secara sempurna jd blm berhasil upgradenya. atau cara mudahnya bawa saja ke sony center terdekat Bro gratis.

    • Bro Andhika, driver usb apa Bro? gw tinggal pake kabel data bawaan hpnya yg biasa dipake buat nge-charge hpnya Bro, tinggal dicopot chargernya trs colokin ke PC, gt doang Bro. Hpnya dinyalain ya jgn dimatiin….he3. good luck Bro

  7. bro, pas mau masuk step 3 (update) hp harus dimatiin dulu? trus untuk ke step 3 apa memang harus di enter? soalnya aq gagal terus pas di step 3, proses updatenya g mau jalan T.T

    • salah Bro, bukan pas mau masuk step 3, Hp dimatikan itu setelah proses step 3 selesai, jadi bukan sebelum step 3, yg bener setelah proses step 3 kelar.

      perhatikan dan ikuti saja perintah/panduan yang ada di layar PC step demi stepnya, insyaAllah ga akan ada masalah Bro.

      Good luck ya Bro. salam

      • ok bro ty.
        selesai update tema emang tetap seperti sebelumnya ya?
        oh ya, kok whatsapp ku g bisa ya, kok ada perintah ( date inaccurate, padahal jam dan tangga udah ku setting otomatis)

    • Ga perlu Mas Bro, nyolokin ke pc nya tinggal nunggu instruksi di pc dari software update installmentnya. Pas di layar pc bilang ” hubungkan dengan telpon” baru deh dicolok, dan ga perlu msk ke setting dulu.

  8. berikut review an setelah update ke ICS :
    1. tidak ada tombol screen shoot
    2. tidak ada nada tombol pada saat pengetikan walaupun sudah disetting muncul suara
    3. nada system tidak bisa diubah,,(ane ga tau ngubeknya dimana lagi selain di ‘suara’
    4. ga bisa nambah halaman ataupun hapus halaman awal (dari gb ampe ics ane ga tau cara ngerubahnya)
    5. Instal PES2012 lancar jaya digb tapi setelah diupdate di ICS ga bisa dimainin
    6. sisanya lancar jaya dan terjadi perubahan yang signifikan terhadap UI nya

  9. ada perbedaan signifikan ga utk masalah fitur, performance dsb, antara kita yg upgrade OS atau kita beli Experia Go yg udah support ICS?? terakhir baca malah bakal ada jdawal buat upgrade ke Jelly Bean..

    • OS bawaan sewaktu beli itu Ginger bread Bro, dan ga semua toko yang jual bisa kasih upgrade ke Ice Cream Sandwich. Dan pastinya setiap upgrade OS selalu ada perbaikan performa di beberapa aspek. Yup, seperti juga yg sdh sy share di blog sy ini juga, beberapa ponsel Sony Xperia termasuk Go akan segera menerima upgrade OS Jelly Bean di akhir bulan maret ini🙂

  10. gan, saya juga pake xperia go baru beli seminggu lalu. jujur pengen juga nih upgrade ke ICS. cuman kalo upgrade gitu apa aplikasi2 ato game2 yang udah kita download sebelumnya bakal hilang? kalo upgrade langsung ke sony center nya kira2 bakal seharian atau harus di tinggal ga ya hapenya? mohon di jawab gan, thanks🙂

    • Bro Heidi, ga usah upgrade ke ICS lagi Bro, tunggu aja sampai akhir bulan Maret ini sudah akan ada Update Jelly Bean buat Xperia Go kita🙂 lebih Update dan lebih canggih dari ICS Mas Bro.
      Kalau mau Upgrade usahakan semua data2 diback up dulu di memory card atau tempat lain dan cabut dulu memory cardnya setelah back up sampe selesai proses update OSnya.
      Ane sih belum pernah Update ke Sony Center jadi masih belum tau Hp mesti ditinggal atau nggak, tapi ane pernah tanya via telp ke Sony Center menurut mereka sih cuma perlu waktu 1-2 Jam, jadi masih bisa ditungguin Hpnya, gitu Bro. Semoga cukup membantu. salam

  11. om tanya dong dari pc companion kan minta connect ke phonenya kok saya cuma sampe connect doang lama banget… menu apa lg yg harus di centang di phone saya

  12. ane pake xsola, nyoba step2 disini tapi kok ane bagian yg lamanya pas step ke-3 ya?
    step ke-2 nya cuma 1 jam kurang, tapi pas step ke-3 lamanya minta ampun.. eh koneksi inet malah mati ditengah, alhasil gagal update.
    untung masih bisa di nyalain😄 tapi setelah kejadian itu, pas ane colok xsola ke pc, memori internalnya jadi ga kebaca -_-

  13. bro tanya …sy bru beli GO
    baterainya dlm pemakaian normal kuat brp lama ya?
    sy pk net wajar, plus suka dibuat modem
    pemakaian 4-5 jam sdh 30% …wajar ga?
    trims

  14. gan , di tahap 3 nya ngapain nih gan padahal tahap 2 nya udah selesai. tapi tahap 3 nya kaga jalan jalan . solusi nya gan ?

  15. mau nanya ni … punyaku sony xperia go n dah di upgreat ke ICS tp masi keluar 6.2.A.O.400 n da tulisan tersedia pembaruan sistem itu gimn gan..??? mohon pencerahannya… tinkyu b4🙂

    • @ Grace, itu karena sekarang Xperia Go sudah bisa diupdate ke Jelly Bean Sis’. Jadi silahkan langsung di Update lagi ke JB(Jelly bean) dijamin akan jauh lebih stabil dan banyak penyempurnaan di sana-sini🙂, selamat mencoba.

    • Biasanya yg sering gagal itu pas di step ke 3 bro, pas diminta cabut kabel data, matikan hp lalu colokkan lagi kabel data dari hp ke pc sambil tekan tombol power dan volume down berbarengan lalu tahan bbrp saat sampai instruksi selanjutnya. Biasanya di tahap ini yg sering salah, begitu bro

  16. beeeuuuhhh beneer2 sama gan pengalamannya..sma2 ngrasain kringet dingin gegara upgrade tapi alhamdulillah terbayar dan puas pake os ics yahh

  17. mas..
    pas reboot udah tak tkan vol down + nyolokin ke sola kok cm ada tulisan sony trus xperia habis itu malah gambar ngecas..di pc juga gtu gk ada notifikasi apa2..
    apa proses reboot emang gitu??
    atau pas tkan vol down itu bareng sama power juga??
    mhon pnjelasannya
    trims

    • vh18revolution
      Agustus 1, 2013 pada 2:37 am

      Biasanya yg sering gagal itu pas di step ke 3 bro, pas diminta cabut kabel data, matikan hp lalu colokkan lagi kabel data dari hp ke pc sambil tekan tombol power dan volume down berbarengan lalu tahan bbrp saat sampai instruksi selanjutnya. Biasanya di tahap ini yg sering salah, begitu bro

  18. gan,saya baru aja update software sony c2305 dari pc pas di hidupkan devicenya malah yang keluar sony experia + sambutan awal aja ych… ini kenapa yach?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s