Kehebatan sebuah benda bernama “Rokok”

Hhmmm….kalau ada pemilihan benda apa yang paling berpengaruh di dunia ini, pastilah “Rokok” akan menjadi salah satu kandidat terbaik juaranya.

Bagaimana tidak, karena menurut data terbaru bahwa kurang lebih 1,3 Milyar penduduk dunia adalah seorang perokok”…dan hebatnya lagi perokok di Indonesia menduduki peringkat ke 3 teratas di dunia setelah Cina dan India, dan di atas Rusia dan Amerika http://www.antaranews.com/berita/313477/jumlah-perokok-indonesia-terbanyak-ketiga-di-dunia…weeeww….parah banget.

Image

 

Mungkin sudah terlalu banyak manusia-manusia di dunia ini yang merasa heran dan terzolimi oleh benda bernama rokok ini.

Begitu sulitnya menasehati perokok untuk berhenti merokok, walaupun sudah sangat-sangat jelas dan gamblang kandungan racun-racun dan zat-zat berbahaya lainnya yang terkandung dalam rokok, bahkan filternyapun disinyalir mengandung “darah babi” yang jelas-jelas haram hukumnya untuk umat Islam, tapi kok ya semua itu rasanya seperti ga ngaruh atau dianggap angin lalu oleh para perokok…aneh bin ajaib.

Kalau yang jelas-jelas bisa membahayakan dirinya sendiri saja sudah ga diperdulikan oleh para perokok, apalagi yang membahayakan dan merugikan orang lain yang tidak merokok? sudah pasti jauh ga ngaruh lagi buat para “smokers”…huffttt…kasihan sekali orang-orang yang tidak merokok..dipaksa untuk menghirup udara kotor dan berbahaya dari asap-asap rokok.

Belum lagi data yang menyebutkan kalau pemilik saham dari pabrik-pabrik/produsen rokok terbesar di dunia didominasi oleh orang-orang Yahudi, yang hebatnya justru rokok termasuk barang yang dihindari oleh orang-orang yahudi karena terbukti bisa merusak otak dan gen keturunan para perokok menjadi bodoh dan dungu…tapi sangat digandrungi oleh banyak penduduk Indonesia yang nota bene mayoritas umat Islam….sebuah ironi yang menyedihkan.

berikut salah satu dari sekian banyak kutipan artikel tentang rokok :

Tar dan nikotin adalah dua zat paling berbahaya diantara 4.000 jenis zat kimia lainnya di dalam rokok. Praktisi totok rokok Fuad Baradja yang dijumpai detikHealth, Kamis (8/4/2010) mengatakan kemauan adalah kunci bagi yang ingin berhenti merokok.

“Banyak perokok yang kalau ditanya, dalihnya adalah sulit untuk berhenti. Sebenarnya masalahnya bukan sulit atau tidak sulit. Simpel saja, ini soal mau atau tidak mau untuk berhenti,” katanya.

Di Indonesia, rendahnya motivasi untuk berhenti merokok antara lain dipicu oleh kurangnya informasi. Kalaupun ada, seringkali informasinya menyesatkan. Sebagai contoh, Fuad menyebut iklan-iklan rokok yang mencitrakan perokok sebagai pribadi yang macho.

Kondisinya berbeda dengan negara lain seperti Singapura. “Di sana, untuk menjalani terapi berhenti merokok orang rela antre. Motivasinya besar, pertama karena harga rokok mahal. Kedua, tempat untuk merokok benar-benar dibatasi. Untuk merokok orang harus mencari tempat khusus, dan itu repot. Ketiga, iklan dan himbauan antirokok ada di mana-mana. Ini memunculkan stigma tertentu, yang membuat orang akan merasa terhina kalau sampai merokok,” tuturnya.

Rokok dan ceritanya:

1. Seorang sopir berhenti merokok selama 2 tahun karena berniat membeli motor. Dia bisa menyisihkan Rp 600 ribu/bulan untuk bayar cicilan. Begitu motor lunas ia merokok lagi, lalu jatuh sakit dan terpaksa menjual motor tersebut untuk ongkos berobat.Sebuah pencapaian yang bagus sebenarnya, ketika sopir itu mampu berhenti merokok selama 2 tahun sementara banyak orang kesulitan untuk melakukannya. Ia bahkan jadi punya motor sendiri. Tragisnya, gara-gara merokok lagi ia malah kehilangan motor tersebut.
Cerita di atas hanyalah salah satu dari banyak kisah inspiratif yang bisa ditemui di grup Bikin Teman Berhenti Merokok, yang terdapat di situs jejaring Facebook yang dikelola Fuad. Semuanya menceritakan pengalaman orang-orang yang berhenti merokok. Banyak diantaranya cukup menggelitik kalau direnungkan.

2. Kisah tentang seorang mantan ketua organisasi Islam di Yogyakarta, yang diposting Rabu (7/4/2010). Ia berhenti merokok setelah menyadari bahwa aktivitas merokok adalah satu-satunya aktivitas yang tidak pernah dimulai dengan menyebut nama Allah.Saat hendak makan dan minum ia selalu membaca Basmallah, tapi saat merokok tak sekalipun ia pernah membacanya. Ini lantas membuatnya yakin bahwa ada sesuatu yang salah dalam merokok.

3. Seorang kakek di Malang Jawa Tengah yang punya industri rokok rumahan, diposting pada Selasa (6/4/2010). Saat diberi tahu soal hukumnya, ia kurang setuju. Tapi setelah diberi penjelasan soal bahaya rokok, ia menutup usahanya itu. Konon untuk menebus dosanya, iapun beralih ke usaha minuman kesehatan berbahan jahe dan temulawak.
Fuad memang dikenal giat mengkampanyekan gerakan antirokok, termasuk di antaranya lewat Facebook. Salah satu status yang ia tulis awal tahun ini sempat jadi kontroversi karena dinilai melecehkan ulama.
“Sealim apapun seorang ustadz, dan sehitam apapun jidatnya karena kebanyakan sujud, kalau dia merokok saya gak percaya apapun yg datang darinya. Logikanya, kalau amanat Allah saja yg berupa paru2 yg sehat, jantung yg kuat dan tubuh yg sempurna tidak bisa dia jaga, bagaimana mungkin dia akan menjaga amanat orang lain. Ap…alagi kalau sering mengeluarkan pernyataan2 yang menyesatkan dan membodohkan ummat. Huft, Jauh2 deh”.

 

Buat para orang-orang tua, pantau dan awasi selalu putra-putri anda dari bahaya pengaruh rokok yang terlihat sepele namun sangat berbahaya.

Bagi orang-orang Non Perokok , jangan pernah bosan dan berhenti mengingatkan para perokok.

Dan bagi para perokok, semoga lekas sadar dan sanggup memutar balik keadaan, dari yang dikuasai oleh rokok, menjadi yang berkuasa atas rokok. mengendalikan rokok, dan bukan dikendalikan oleh rokok.

Aamiin..Allahuma Aamiin.

 

semoga bermanfaat.

viekyhartanto-personalBlog        email: viekyhartanto@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s